Minggu, 21 Maret 2010

Aplikasi Menajemen Bandwidth PadaMikrotik Router Os


A. Latar Belakang Masalah

Dengan makin berkembanya teknologi saat ini maka sistem komputer tidak lagi digunakan untuk kebutuhan sendiri (personal user),
melainkan untuk banyak pihak melalui suatu struktur jaringan / network.
Dibutuhkan aplikasi manajemen bandwidth pada mikroutik router OS untuk mempermudah pembagian bandwidth atau dengan kata lain memanage bandwidth pada setiap user bagi penyedia layanan internet. Dalam struktur jaringan, dikenal istilah router, yaitu pengatur alur data dari komputer asal (pengirim) ke komputer tujuan (penerima), dari router dapat dikembangkan suatu program untuk mengawasi berapa besar alur data yang berjalan dari semua komputer yang terhubung ke router. Hal ini digunakan untuk mengetahui tingkat kepadatan jaringan. Selain itu didalam router juga diperlukan pengaturan bandwidth agar pengguna bandwidth dapat dijadikan seefektif munkin. Bandwidth adalah kapasitas atau daya tampung trafik keluar masuknya jaringan pada prangkat ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dalam jumlah tertentu. Fokus pembuatan judul ini adalah, mencoba membuat Seting manajemen bandwidth dengan mengunakan aplikasi, agar mempermudah user untuk mendapatkan bandwidth dengan ukuran yang sesuai tanpa mengganggu bandwidth dari user yang lain. Oleh karena itu besar bandwdith sangat di perhitungkan demi terciptannya akses internet yang cepat dan fleksibel untuk perkantoran yang sesuai dengan kebutuhan.

B. Rumusan masalah
Ruang lingkup dari proposal ini dibatasi khusus utuk membangun menajemen bandwidth menggunakan aplikasi adalah:
a. Instalasi jaringan lokal dan konfigurasi system jaringan
b. Membangun Network Address Translation (NAT), untuk dijadikan ip address lokal.
c. Mengelola manajemen bandwidth ke dalam bentuk aplikasi

C. Ruang lingkup
Lingkup permasalahan yang diteliti meliputi :

a. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemograman PHP.

b. Bagaimana mempermudah user menggunakan aplikasi agar tidak binggung menggunakan text mode atau command prompt.

c. Bagaimana membagi bandwidth menggunakan aplikasi agar client mendapatkan pembagian bandwidth dengan ukuran yang sesuai tanpa harus menggangu bandwidth dari user lain.

D. Tujuan Penilitian
Tujuan dari proposal ini adalah membangun menajemen bandwidth agar mudah dipakai orang yang belum familiar terhadap command prompt untuk mengseting bandwith (bandwidth manajemen), dengan menggunakan aplikasi dan bagaimana mempermudah user untuk pembagian bandwidth .

E. Tinjauan Pustaka
Dari penelitian yang dilakukan oleh Oky Maharani Pamunkas tahun (2009) yang berjudul menajemen bandwidth dengan menggunakan mikrotik router OS, pada judul tersebut mengimplementasikan bandwidth dan mengelola bandwidth tersebut mengunakan mikrotik router OS. Mengatur Bandwidth dengan menggunakan Mikrotik adalah salah satu bentuk manajemen bandwidth. Pada penelitian ini, penulis mencoba menggunakan aplikasi manajemen bandwidth pada mikroutik router OS, dengan aplikasi menajemen bandwidth yang akan melakukan pembagian bandwidth pada masing-masing clien agar lebih mudah melakukan pembagian bandwidth, mikrotik router OS sebagai pengendali jaringan dan diteruskan kontrol manajemen bandwidth melalui aplikasi. Pada aplikasi tersebut hanya dapat berjalan di bawah router mikrotik OS.
F. Dasar Teori
Dibutuhkan aplikasi manajemen bandwidth pada mikroutik router OS dengan PHP sebagai teknologi peng codingan aplikasi. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang teori yang digunakan sebagai dasar penelitian manajemen bandwidth pada mikroutik router OS, dengan coding PHP.
a. Menagement Bandwidth
Bandwidth adalah kapasitas atau daya tampung kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dalam jumlah tertentu. Bandwidth juga bisa berarti jumlah konsumsi paket data persatuan waktu dinyatakan dengan satuan bit persecond [bps]. Bandwidth internet disediakan oleh provider internet dengan jumlah tertentu tergantung sewa pelanggan. Kita dapat mengatur agar user tidak menghabiskan bandwidth yang di sediakan oleh provider.
b. Jaringan Komputer
Jaringan computer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lain yang saling terhubung,informasi data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memunkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen/data.
c. Microtik router OS
Microtik router OS berfungsi sebagi pengendali jaringan dan di teruskan kontrol manajemen bandwidth melalui aplikasi, pada aplikasi tersebut hanya dapat berjalan di bawah Mikrotik Router OS bentuk aplikasi ini dibutuhkan Apache Server karena di dalam Mikrotik OS tidak Suport WEB server,sehingga aplikasi ini harus berdiri sendiri pada sistem operasi Windows tetapi tanda mikroutik Router OS tidak dapat mengendalikan pengontrolan sepenuhnya pada manajemen bandwidth.

G. Analisis Kebutuhan
Analisa kebutuhan yang diperluakan dalam aplikasi manajemen bandwidth pada Mikrotik Router OS, perangkat lunak yang digunakan aplikasi manajemen bandwidth, dan perangkat keras (hardware) adalah peralatan yang terdapat dalam komputer yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi ini :
a. 1 komputer dengan 2 ethernet card yang dijalani pada router

b. 2 komputer dengan yang masing komputer 1 eternet card, digunakan pada komputer aplikasi manajemen bandwidth dan 1 buah lagi untuk client.

c. 1 buah switch dengan jumlah port 6, untuk menghubunkan LAN yang terpisah

d. Sistim jaringan
Sedankan perangkat lunak (software) yang dibutuhkan :

a. Mikrotik Router OS

b. PHP & Apche Server

c. Microsoft

d. Windows

H. Pemodelan Yang Digunakan
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan penulis, maka dalam pemodelan yang digunakan adalah sebagai berikut: Proses
Internet -> Router Mikrotik -> HUB -> Aplikalisi Web -> Client
Penjelsan Proses :
1. Router mikrotik mendapatkan koneksi internet.
2. Dari router mikrotik akan di proses koneksi internet kedalam switch ,dimana switch berfungsi untuk menghubungkan beberapa client yang terpisah.
3. Didalam Router mikrotik terdapat konfigurasi sistim jaringan Network Addres Translation (NAT) untuk dijadikan IP address lokal.
4. Proses selanjutnya masing-masing client mendapatkan bandwidth dari mikrotik router, setelah aplikasi manajemen bandwidth dimasukan seting / konfigurasi bandwidth kedalam mikrotik router.
5. Aplikasi manajemen bandwith berfungsi untuk melakukan seting kedalam mikrotik router , dan masing - masing client akan mendapatkan bandwith dari mikrotik router OS.

I. Daftar Pustaka
Alvino, 2009 “pengertian bandwidth management”http://vino-alviano. blogspot.com / 2009 / 06 / pengertian - bandwidth management.html uduh [2-29-2009] Fikri Jasman, 2008 “Bandwith Management Mikrotik Router OS” http://sinaumikrotik.blogspot.com/2008/09/bandwith-management-mikrotik-router-os.html unduh [3-03-2010] Rusman Hendro Susanto, 2009 “Manajemen Bandwidth Dengan Squid Delay PoolS” http://rusmanhs.smkn1pandeglang.sch.id/?p=194, unduh [5-03-2010] Ropix , 2006 “ Mikrotik OS Untuk Bandwidth Management ” http://uap.unnes.ac.id/ebook/ropik mikrotik.pdf, Unduh [8-03-2010]
A

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai Manajemen bandwidth, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1108/1/50407072.pdf
    trimakasih :)

    BalasHapus